Jumat, 17 Maret 2017

6 Persiapan Membuat Peternakan Ayam Bangkok Sendiri

Bagi pecinta hewan seperti ayam bangkok mungkin bisa menjadi salah satu hewan ternak yang bisa untuk dibudidayakan. Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam yang menjadi favorit masyarakat Indonesia karena ayam ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ayam-ayam kampong asli Indonesia. Selain menjadi ayam aduan, ayam bangkok juga bisa menjadi prospek untuk diternakkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat peternakan ayam bangkok.


Pilih Pejantan Unggul

Memilih induk dan pejantan ayam bangkok yang terunggul. Untuk memulai peternakan ayam bangkok hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih bibit ayam bangkok yang bagus dan terunggul. Dalam mengawinkan pejantan dan induk ayam, perlu dipersiapkan sebuah kandang. Kandang yang digunakan adalah kandang umbaran agar terjadi proses pembiakan yang bagus.

Memancing Induk Kawin Lagi

Setelah induk ayam bertelur dan mengerami telurnya, ada tips untuk memancing agar si induk ayam bangkok mau untuk kawin lagi. Caranya yaitu dengan cara memercikkan sang induk dengan sedikit air, sehingga telur yang dihasilkan semakin banyak.

Letakkan Telur Terpisah

Telur ayam bangkok diletakkan secara terpisah agar nanti saat telur menetas, anak ayam Bangkok dapat dipindahkan ke kandang yang lebih baik. Dengan demikian kesehatan anakan ayam bangkok dapat lebih dijaga.

Perhatikan Pakan

Dalam memberi pakan untuk peternakan ayam bangkok ini, banyak sekali jenis pakan yang dapat diberikan pada ayam bangkok. Yang perlu diperhatikan adalah dengan membaca cara pemberian pakan yang tertera dalam kemasan pakan.

Kandang

Untuk kandang tidak perlu yang terlalu mewah sehingga akan membengkakan biaya, yang paling penting justru kebersihan kandang. Jika kandang bersih maka ayam peliharaan kita akan tumbuh dengan sehat dan kuat karena tempat tinggalnya higienis. Kandang yang bersih juga menghindarkan ayam dari berbagai penyakit.

Keuntungan

Beternak ayam bangkok memang memiliki banyak keuntungan, karena memang penggemar ayam Bangkok ini cukup banyak di Indonesia. Terlepas dari image ayam bangkok yang terkenal sebagai ayam aduan, ayam jenis ini dapat memberikan keuntungan bagi peternak yang mengawali usaha ini dari hobi memelihara ayam bangkok. Ayam bangkok memang memiliki harga yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, bagi pecinta ayam Bangkok mulai membuat peternakan ayam bangkok, memelihara dan mengawinkan silang ayam bangkok untuk mendapatkan varietas unggul sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Jadi tidak ada salahnya bagi anda yang memiliki hobi beternak ayam mulai menggeluti usaha ayam Bangkok ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Persiapan Membuat Peternakan Ayam Bangkok Sendiri