Rabu, 31 Agustus 2016

Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Kuat dan Sehat

Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam yang banyak diminati oleh masyarakat. Kegagahan ayam ini berhasil memikat masyarakat untuk sekedar memeliharanya atau malah menjadikannya sebagai ayam untuk aduan. Namun, bagi Anda yang ingin beternak ayam bangkok, mau tak mau Anda harus merawat ayam dari kecil hingga besar. Barulah nantinya jika yam sudah besar, Anda bisa menjualnya dengan harga yang sesuai dengan kualitas ayam. Untuk itu, sekarang Anda perlu mengetahui cara merawat ayam bangkok agar cepat tumbuh besar. Informasi selengkapnya berikut ini.

Tips Merawat Ayam Bangkok Supaya Sehat

Cara Merawat Ayam Bangkok

Cara merawat ayam bangkok yang pertama, mempersiapkan kandang yang berbeda untuk induk dan anaknya. Jika Anda ingin ternak ayam bangkok, maka Anda harus memisahkan kandang induk dan anaknya. Mengapa anak harus dipisah dengan induknya? Karena perawatan anak ayam bangkok dan induk tentunya berbeda. Tipe kandang untuk anak ayam bangkok dan sang induk juga berbeda. Hal tersebut perlu Anda perhatikan supaya anak ayam bangkok bisa bertahan lama dan bisa cepat tumbuh besar.
Cara merawat ayam bangkok yang kedua, pastikan kandang memperoleh sinar matahari langsung agar ayam bangkok bisa tumbuh dengan sehat. Untuk kandang sang induk, Anda bisa menempatkan petakan kandang di dekat yang bisa dijangkau sinar matahari. Namun, sedikit berbeda dengan kandang untuk anak ayam. Kandang anak ayam ini terbilang seperti kotakan kandang yang rapat karena anak ayam masih membutuhkan kehangatan. Tak cukup memberikannya sinar matahari saja, tetapi Anda juga harus memberikan lampu agar Anda ayam selalu merasa hangat sehingga tidak mudah mati karena kedinginan.
Cara merawat ayam bangkok yang ketiga, berikan pakan secara teratur. Misalnya jika Anda biasanya memberikan makanan pada ayam bangkok pukul 6 pagi, maka pemberian makan harus dilakukan pada jam yang sama setiap hari. Anda juga harus memberikan makanan yang tepat agar ayam Bangkok bisa tumbuh besar. Pada bulan pertama, Anda bisa memberikan makanan voor babi agar tulangnya segera terbentuk dengan kokoh. Barulah setelah 2 bulan, Anda bisa mencampurkan voor dengan dedak. Pastikan perbandingan dedak dan sama. Semoga informasi tentang tips merawat ayam bangkok agar cepat tumbuh di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Kuat dan Sehat